Minggu, 18 Januari 2009

CHUSNUL KHOTIMAH

CHUSNUL KHOTIMAH

Chusnul khotimah artinya Akhir yang baik.
Apa maknanya?
Akhir yang baik adalah nikmatullah.
Setiap detik setiap saat kita melakukan aktivitas/ibadah harus kita akhiri dengan akhir yang baik. Al awal dengan Basmalah, al akhir dengan Hamdalah. Al awal ditandai dengan niat, dan al akhir ditandai dengan Syukur atas nikmat. Dalam perjalanannya dinamakan ibadah. Dalam beribadah dasarnya : Iman, Taqwa, Kurban, Ikhlas, Syukur, dan Taubat. Seringkali kita lupa akan al awal dan al akhir, sehingga dalam setiap gerakan hidup kita tidak mengandung nilai ibadah. Sering kita lupa saat mana al awal
dan saat mana al akhir, sehingga tiada muncul niat pada al awal dan tiada merasakan nikmat pada al akhir. Yang ada dan yang terjadi hanyalah perjalanan nafsu belaka. Perbuatan yang dilandasi dengan nafsu, akan menghasilkan amarah. amarah limpahannya adalah laknat, bukan nikmat. Perbuatan yang dilandasi dengan nikmat, akan menghasilkan nikmat juga.
Dengan demikian orang yang selalu mengakhiri setiap perbuatannya dengan akhir yang baik Inilah yang namanya Khusnul Khotimah. Sampai matipun dalam keadaan khusnul khotimah. Limpahannya adalah Syurga.
Singkat semoga bermanfaat. Amin

haryonohadisp.

0 komentar:

Posting Komentar