Jumat, 09 Januari 2009

TEORI KOMUNIKASI

Komunikasi sebagai suatu sistem memiliki komponen dasar dan komponen pokok atau komponen integral. Disebut komponen dasar karena mendasari terjadinya komunikasi antara dua orang atau lebih. Sebagai komponen dasar harus ada dalam setiap proses komunikasi.
Seorang Ahli komunikasi dari Amerika Serikat yang bernama Berlo yang terkenal dengan teorinya SMCR Berlo mengembangkan model komunikasi yang dinamis. Model yang dinamis dalam proses komunikasi mencakup unsur-unsur yang lebih dari sekedar bahan saja dalam rangka mentransmisikan pesan dari sumber ke penerima.Model Komunikasi SMCR Berlo terdiri dari komponen dasar :
S = Source artinya Sumber atau bahan. Sumber adalah orang atau bahan yang mengandung pesan.
M = Message artinya Pesan. Pesan adalah semua informasi yang akan disampaikan oleh Sumber kepada Penerima.
C = Channel artinya Saluran. Saluran adalah semua indra (Mata, telinga, hidung, kulit, dan lidah) yang dapat digunakan oleh penerima di dalam menerima pesan dari Sumber.
R = Receiver artinya Penerima. Penerima adalah Orang yang menerima pesan dari Sumber.
Proses Komunikasi hanya akan terjadi apabila ada empat komponen dasar tersebut di atas. Secara deskriptif dapat dirumuskan terjadinya proses komunikasi sebagai berikut :
Apabila ada Sumber (S) membawa Pesan (M) disampaikan melalui Saluran (C) kepada Penerima (R). Deskripsi tersebut dapat diperjelas lagi : Proses Komunikasi akan terjadi apabila ada Seseorang menyampaikan Pesan melalui Saluran kepada Penerima.
Dengan demikian proses komunikasi dapat terjadi apabila empat komponen tersebut terdapat saling hubungan, saling berproses dalam mewujudkan komunikasi yang dikehendaki.
Teori dasar komunikasi inilah yang melandasi munculnya Media Komunikasi. Media Komunikasi menjadi dasar munculnya Media Belajar atau Media Pembelajaran. Karena pada dasarnya proses pembelajaran adalah proses komunikasi yang terjadi antara Sumber dan Penerima atau antara Guru dengan Siswa.

Buku Rujukan :
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Dikti PPIPT. 1981 : Materi dasar Pendidikan Program Akta Mengajar V Buku IIIC Teknologi Instruksional.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar