EVALUASI/PENILAIAN
Di dalam dunia pendidikan selalu ada Evaluasi atau Penilaian, mulai dari evaluasi sederhana dan sempit sampai dengan evaluasi kompleks dan besar. Di lingkungan kita sekarang ini evaluasi masih sebatas formalitas belaka. Evaluasi yang dilakukan hanya sekedar untuk memperoleh nilai sebagai dasar penentuan kebijakan. Evaluasi yang dilakukan belum dapat mengukur apa yang seharusnya diukur, belum dapat mengungkap apa yang seharusnya diungkap, belum dapat melihat kemampuan nyata yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Dengan demikian evaluasi yang dilaksanakan hanya mampu menampilkan sedikit potensi yang dimiliki oleh masing-masing siswa.
Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah :
Bagaimanakah cara mengevaluasi atau menilai kemampuan siswa itu?
Pola penilaian yang menyeluruh harus kita ciptakan agar dapat mengungkap segala potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Para pakar pendidikan harus duduk bersama untuk merumuskan teknik evaluasi atau metode penilaian yang menyeluruh, sistemik, sistematis, terpadu, valid dan reliabel. Teknik evaluasi yang dapat mengungkap seluruh kemampuan siswa sebagai hasil belajar dalam proses pembelajaran dan proses pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) selaku instansi yang bertanggung jawab, hendaklah memfasilitasi suatu pertemuan yang menyeluruh dari pakar-pakar pendidikan yang kompeten di bidang masing-masing.
Besar harapan saya untuk dapat terwujudnya evaluasi yang handal dan menyeluruh. Mari kita dukung bersama.
Salam Edukasi
Haryonohadisp.
0 komentar:
Posting Komentar